RPP PJOK Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 Lengkap

RPP PJOK Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017
RPP PJOK Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 Lengkap, RPP PJOK K13 Revisi 2017 kelas 2 SD/MI Rencana Pelaksanaan Pembelajaran semester dua Penjas atau pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan, Sekolah Dasar kurikulum 2013 terbaru.

C. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Renang adalah olahraga udara yang bisa dilakukan oleh regu maupun kelompok. Perenang pertama yang bisa mencapai jarak tertentu, menggondol gelar sebagai pemenang. Kompetisi renang terbagi dalam 4 kategori, yaitu: gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu dan gaya punggung (Rud Midgley ensiklopedi olahraga, 2000: 238).
2. Konsep
Secara teori olahraga renang dapat dikenalkan kepada anak sejak usia dini 3-7 tahun, umur Mengenai umur 10-12 tahun (Bompa, 1994). Sementara pada tahap perkembangan kognitif Piaget usia 5 tahun termasuk dalam periode perkembangan Pra operasional (2-6 tahun), pada periode ini anak mulai mengunakan simbol-simbol untuk mempresentasikan dunia (lingkungan) secara kognitif dan anak 7 tahun pada penelitian ini masuk pada operasional konkrit (6-11 tahun), pada tahap ini anak sudah bisa terbentuk operasi-operasi mental atas pengetahuan yang mereka miliki.
3. Prinsip
Renang adalah olahraga udara yang bisa dilakukan oleh regu maupun kelompok. Yang paling dominan dalam olahraga renang adalah harus bisa mengatasi tahanan udara dan hambatan-hambatan lain, oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan latihan yang terprogram dan teratur. Gaya dan teknik dalam gaya renang. Gaya kupu - kupu. Gaya dan gaya.
4. Prosedur
Pergerakan udara bebas, non lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri / orang lain dalam aktivitas udara.

Download RPP PJOK Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017


Kompetensi Dasar (KD)
3.7 pengertian prosedur menggunakan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri / orang lain dalam aktivitas udara ***)
4.7 Mempraktikkan penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri / orang lain dalam aktivitas udara ***)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7.1 Menjelaskan prosedur gerak dasar berjalan berpegangan di udara.
3.7.2 Menjelaskan prosedur gerak dasar.
3.7.3 Menjelaskan prosedur gerak dasar kejar-kejaran di kolam renang
3.7.4 Menjelaskan prosedur gerak dasar menyelam.
4.7.1 Memperagakan secara acak gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri / orang lain dalam aktivitas udara.

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Guru mengajak peserta didik untuk berkenalan satu dengan yang lain,  sehingga guru dapat mengenal peserta didik. Demikian juga peserta didik bias saling mengenal peserta didik lainnya. (Kegiatan ini disesuaikan dengan situasi)
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Variasi pola gerak dasar gerak berirama
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Download RPP PJOK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Berjalan berpegangan di air
Mencipratkan air ke muka
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan.
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.